Rabu, 17 Mei 2017

User Interface pada Game


Judul/Bab             : User Interface pada Game Komputer Bab 6 (TUGAS)
Nama                   : Muhammad Irfan M
NPM                    : 57414367
Kelas                    : 3IA21
Mata Kuliah         : Softskill - Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen         : Syefani Rachma Deski


User Interface

Pengertian
Antarmuka pengguna atau biasa disebut dengan user interface merupakan bentuktampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna. Antermuka pengguna berfungsi untuk menghuungkan antara pengguna dengan sistem pada game, sehingga dapat digunakan.



 Desain user interface dalam game berbeda dari desain user interface lainnya karena melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatardari pengguna yang sebenarnya atau player. Sebuah desain interface pada suatu game mempengaruhi kenyamanan dan sejauh mana user atau pemain meminati game tersebut.  Dalam user interface game, terdapat sebuah teori yang dikemukakkan oleh Erik Fagerholt dan Magnus Loretzon dari Chalmers University of Technology. Dalam tesisnya mereka menulis tesis tentang desain user interface berjudul Beyond the HUD – User Interfaces for Increased Player Immersion in FPS Games. Mereka memperkenalkan istilah berbagai jenis interface yang berkaitan dengan desain video game.

HUD itu sendiri kepanjangan dari Heads – up display, merupakan metode dimana informasi secara visul disampaikan kepada pemain sebagai bagian dari antarmukan pengguna permainan. Biasanya menunjukkan bar/kotak HP(Health Point) ataupun MP(Mana Point) dan biasanya muncul  di atas kepala karakter. Fungsi HUD ini untuk memudahkan pemain mengetahui kondisi karakter dalam permainan.


Contoh User Interface pada Game

Assassin’s Creed



Assassin’s Creed . Desain antarmuka yang termasuk dalam permainan game  yaitu yang dapat dilihat dan didengar oleh karakter dalam permainan. Yang dimaksudkan pada antarmuka diagetic ini segala sesuatu yang terlihat terkecuali elemen-elemen non-diegetic seperti HUD, Kursor mouse, Informasi dari Komputer,dll  Contoh: Interface dalam game Dead Space, pada game Assassin’s Creed

Mass Effect 3




Mass Effect 3 . Desain  Antarmuka yang diberikan sebagai tambahan di luar dunia game itu sendiri, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata. Sehingga seakan-akan karakter dalam dunia game tidak melihatnya. Mass Effect 3 menggunakan banyak Non-diegetik elemen UI untuk menginformasikan pemain senjata karakter dipilih dan kekuasaan - antara lain.

Counter Strike Xtreme V7

 

Masih sama seperti seri seri terdahulu, pada seri Counter Strike Xtreme V7 tampilan tatap mukanya masih sama meski terdapat peningkatan dari sisi kualitas visualnya. Namun yang cukup disayangkan adalah masih terdapatnya beberapa bug yakni keterangan dalam bahasa china. Hal ini dikarenakan memang seri ini merupakan adaptasi dari seri game Counter-Strike BreakThrough Edition yang memang dikembangkan di China.


Referensi :

http://bingbengbeng.blogspot.co.uk/2017/05/user-interface-pada-game.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pengguna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar