Judul/Bab
: User Interface pada Game Komputer Bab 6 (TUGAS)
Nama : Muhammad Irfan M
NPM : 57414367
Kelas : 3IA21
Mata Kuliah : Softskill - Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen : Syefani Rachma Deski
User Interface
Pengertian
Antarmuka pengguna atau biasa disebut dengan user
interface merupakan bentuktampilan grafis yang berhubungan langsung dengan
pengguna. Antermuka pengguna berfungsi untuk menghuungkan antara pengguna
dengan sistem pada game, sehingga dapat digunakan.
Desain user
interface dalam game berbeda dari desain user interface lainnya karena
melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatardari pengguna yang
sebenarnya atau player. Sebuah desain interface pada suatu game mempengaruhi
kenyamanan dan sejauh mana user atau pemain meminati game tersebut. Dalam user interface game, terdapat sebuah
teori yang dikemukakkan oleh Erik Fagerholt dan Magnus Loretzon dari Chalmers
University of Technology. Dalam tesisnya mereka menulis tesis tentang desain
user interface berjudul Beyond the HUD – User Interfaces for Increased Player
Immersion in FPS Games. Mereka memperkenalkan istilah berbagai jenis interface
yang berkaitan dengan desain video game.
HUD itu sendiri kepanjangan dari Heads – up display,
merupakan metode dimana informasi secara visul disampaikan kepada pemain
sebagai bagian dari antarmukan pengguna permainan. Biasanya menunjukkan
bar/kotak HP(Health Point) ataupun MP(Mana Point) dan biasanya muncul di atas kepala karakter. Fungsi HUD ini untuk
memudahkan pemain mengetahui kondisi karakter dalam permainan.
Contoh User Interface pada Game
Assassin’s Creed
Assassin’s Creed . Desain antarmuka yang termasuk
dalam permainan game yaitu yang dapat
dilihat dan didengar oleh karakter dalam permainan. Yang dimaksudkan pada
antarmuka diagetic ini segala sesuatu yang terlihat terkecuali elemen-elemen
non-diegetic seperti HUD, Kursor mouse, Informasi dari Komputer,dll Contoh: Interface dalam game Dead Space, pada
game Assassin’s Creed
Mass Effect 3 . Desain Antarmuka yang diberikan sebagai tambahan di
luar dunia game itu sendiri, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia
nyata. Sehingga seakan-akan karakter dalam dunia game tidak melihatnya. Mass
Effect 3 menggunakan banyak Non-diegetik elemen UI untuk menginformasikan
pemain senjata karakter dipilih dan kekuasaan - antara lain.
Counter Strike Xtreme V7
Masih sama seperti seri seri terdahulu, pada seri
Counter Strike Xtreme V7 tampilan tatap mukanya masih sama meski terdapat
peningkatan dari sisi kualitas visualnya. Namun yang cukup disayangkan adalah
masih terdapatnya beberapa bug yakni keterangan dalam bahasa china. Hal ini
dikarenakan memang seri ini merupakan adaptasi dari seri game Counter-Strike
BreakThrough Edition yang memang dikembangkan di China.
Referensi :
http://bingbengbeng.blogspot.co.uk/2017/05/user-interface-pada-game.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pengguna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar