Game
Judul/Bab : Teknologi Game (TUGAS)
Nama : Muhammad Irfan
Mauluddin
NPM : 57414367
Kelas : 3IA21
Mata
Kuliah : Softskill - Pengantar
Teknologi Game
Nama
Dosen : Syefani Rachma Deski
PENDAHULUAN
·
Konsep Game
Unsur
terpenting dalam sebuah game merupakan konsep dasar dalam sebuah game, dimana
terlebih dahulu kita menyusun dasar - dasar dalam membuat game. Unsur - unsur
dasar tersebut terdiri dari, genre game yang akan dibuat, pembentukan dan
penentuan tokoh utama, story board, dan sebagainya
·
Pengertian Game
Game
adalah sebuah hiburan yang menggunakan media elektronik, hiburan yang berbentuk
multimedia yang dibuat semenarik mungkin agar pemain mendapatkan kepuasan
batin. Bermain game merupakan salah satu sarana pembelajaran.
·
Jenis - jenis Game
1.
RPG
RPG adalah salah satu
game yang mengandung unsur experience atau leveling dalam gameplaynya. Para
pemain biasanya diharuskan membuat atau menjadikan karakter seperti yang mereka
inginkan. Story board dalam jenis game ini berdasarkan dengan jalan cerita yang
sudah dibuat oleh pembuat game, dimana kita mengikuti jalur cerita hingga
ending dari game tersebut. Namun terkadang ending dalam game yang menentukan
adalah sang pemain itu sendiri.
2.
Action RPG
Action RPG hampir
sama dengan genre game RPG, namun dalam gameplay ini mengandung unsur Action /
aksi yang lebih banyak dari pada RPG itu sendiri. Dimana dalam genre ini,
pemain membutuhkan kemampuan dalam memainkannya.
3.
Turn Base RPG
Hampir sama dengan
game bergenre RPG namun cara memainkan permainan ini, pemain harus menunggu
giliran untuk menjalankan karakter. Genre ini juga termasuk dalam game
strategy, dimana pemain memikirkan keputusan dalam setiap tindakan yang ia
ambil dalam menjalankan karakternya.
4.
FPS
FPS adalah genre game
dimana para pemainnya saling tembak menembak. Genre game ini memiliki ciri
utama yaitu penggunaan sudut pandang orang pertama yang membuat kita dibelakang
senjata.
5.
RPS
RPS adalah salah satu
genre terbaru dalam dunia game. Karena dalam RPS kita memainkan RPG layaknya
game FPS dengan berbagai macam aksi dan tidak terpatok pada tembak menembak.
6.
TPS
Third Person Shooter
atau TPS adalah genre game yg mirip dengan FPS yaitu memiliki gameplay tembak
menembak, hanya saja sudut pandang yg digunakan dalam game ini adalah sudut
pandang orang ketiga.
7.
Strategy
Sesuai dengan
namanya, game bergenre strategy adalah genre game yg memiliki gameplay untuk
mengatur suatu unit atau pasukan untuk menyerang markas musuh dalam rangka
memenangkan permainan. Biasanya di dalam game Strategy, kita diharuskan
membangun pasukan dari berbagai sumber daya yang diberikan seperti wood,
gold, meat, dan lain sebagainya.
8.
Simulasi
Adalah genre yang
mementingkan realisme. Segala faktor pada game ini sangat diperhatikan agar
semirip didunia nyata. Segala nilai, material, referensi, dan faktor lainnya
didasarkan pada dunia nyata. Cara memainkannya juga berbeda, karena biasanya
kontrol yang dimiliki cukup rumit. Genre simulasi meliputi game racing, flight,
sampai militer.
9.
Tycoon
Tycoon adalah jenis
game dimana kita bertindak sebagai businessman yang menjalankan suatu
usaha atau perusahaan dari nol. Obejctive utamanya adalah kita dituntut untuk
mengelola bisnis yang kita miliki agar dapat laku di pasaran dan tidak boleh
bangkrut.
10.
Racing
Racing Game adalah
genre game balapan yg memungkinkan kita untuk mengendalikan sebuah kendaraan
untuk memenangkan sebuah pertandingan.
11.
Action Adventure
Action Adventure
adalah genre game petualangan dengan salah seorang karakter yg penuh dengan
penuh aksi yg akan terus ada hingga game tersebut tamat.
12.
Arcade
Arcade game adalah
genre game yang tidak terfokus pada cerita dan bahkan hanya dimainkan “just for
fun”.
13.
Fighting
Fighting adalah genre
game bertarung. Seperti dalam arcade, pemain dapat mengeluarkan jurus-jurus
ampuh dalam pertarungannya (biasanya berupa serangan kombo atau jurus andalan
tiap karakter). Genre fighting biasanya one vs one dalam sebuah arena
yang sempit.
14.
Sport
Adalah genre bertema
permainan olahraga. Sistem permainan baik gameplay dan peraturannya akan
berbeda-beda tergantung jenis olahraga yang menjadi tema game tersebut.
TEKNOLOGI
GAME
Aspek Bisnis Dalam
Game ( Bisnis Game Online ) Game online yaitu berbagai macam permainan komputer
yang terhubung pada koneksi internet. Sehingga memungkinkan para players game
online ini bisa saling berinteraksi dalam mode multiplayer. Game online
merupakan jenis game yang saat ini banyak diminati banyak orang salah satu
penyebabnya karena bisa berinteraksi dengan pemain lainnya. Banyaknya orang
yang menyukai game online, menjanjikan keuntungan bagi para pebisnis di bidang
game online ini.
3D engine adalah
sistem perangkat lunak yang dibuat dan dirancang untuk menciptakan dan
mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin
permainan mencakup mesin render (renderer) untuk 2D/3D grafis.
Berbeda dengan dukungan grafik 2D yang sudah built in, dukungan Java terhadap grafik 3D diletakkan ke dalam API terpisah, yakni Java3D. Java3D merupakan API 3D berbasis scene graph di platform Java, dimana scene graph merupakan sebuah pohon yang berisi hierarki data scene. Di dalam api Java3D didefinisikan sejumlah kelas dan interface yang menyediakan beragam operasi grafik 3D. Konsep scene graph merupakan inti dari Java3D. Sebuah scene graph merupakan g rafik yang mempresentasikan geometri, material, dan pencahayaan. Scene graph dimulai dari root dengan sebuah Virtual Universe dan mencakup transformasi serta geometri untuk mendefinisikan objek di dunia maya. Secara garis besar, ada tiga tahap fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan objek 3D, yaitu: Menciptakan objek Canvas3D Menciptakan sebuah scene graph Menghubungkan objek Canvas3D ke objek BranchGroup yang menunjuk root dari scene graph
Berbeda dengan dukungan grafik 2D yang sudah built in, dukungan Java terhadap grafik 3D diletakkan ke dalam API terpisah, yakni Java3D. Java3D merupakan API 3D berbasis scene graph di platform Java, dimana scene graph merupakan sebuah pohon yang berisi hierarki data scene. Di dalam api Java3D didefinisikan sejumlah kelas dan interface yang menyediakan beragam operasi grafik 3D. Konsep scene graph merupakan inti dari Java3D. Sebuah scene graph merupakan g rafik yang mempresentasikan geometri, material, dan pencahayaan. Scene graph dimulai dari root dengan sebuah Virtual Universe dan mencakup transformasi serta geometri untuk mendefinisikan objek di dunia maya. Secara garis besar, ada tiga tahap fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan objek 3D, yaitu: Menciptakan objek Canvas3D Menciptakan sebuah scene graph Menghubungkan objek Canvas3D ke objek BranchGroup yang menunjuk root dari scene graph
·
Ogre 3D
Objected-Oriented Graphics Rendering Engine atau bisa disingkat dengan OGRE merupakan engine yang object oriented & flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis dengan menggunakan bahasa C++ serta didesain agar mampu men-developer dengan mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphic. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek dan class objek yang lebih tinggi.
OGRE hanya digunakan untuk me-render. Dengan kata lain, fitur OGRE hanya khusus menangani vector & matOix classes, memory handling, dan lain lain. Ini bukan lah salah satu dari semua solusi dalam istilah game development/simulasi. OGRE tidak menyediakan audio/physics support.
Walaupun penjelasan diatas bisa dikatakan sebagai kelemahan dari OGRE itu sendiri, akan tetapi semua itu sebanding dengan kemampuan grafis yang ada pada game engine tersebut. Kelebihan yang paling menonjol pada OGRE adalah graphics engine yang bisa memberikan para developer sebuah kebebasan untuk menggunakan physics apapun, input, audio, & library lainnya. OGRE memberikan para tim development untuk fokus pada graphics daripada beberapa sistem-sistem yang ada dalam game development. OGRE dapat mendupport OIS, SDL, CEGUI libraries. Sekarang ini OGRE adalah publish dibawah dua lisensi, yaitu LGPL & OUL. Maka sekarang ini para publish tersebut membuka OGRE sebagai free/open source software.
Fitur-fitur pada OGRE:
1.
Desain yang object-oriented dengan menggunakan plugin untuk
mempermudah memasukkan fitur lainnya
2.
Engine berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah
varietas yang luas, octree, BSP, & paging landscape scene manager
3.
Multi-platform dengan dukungan OpenGL & Direct 3D. Bisa
me-render konten yang sama di beda platform tanpa harus mempunyai content
creator. dapat diakses pada platform Linux, Mac OS, dan semua versi
Windows
4.
OGRE mendukung program vertex dan fragment selama ditulis
dengan GLSH, HLSL, Cg, dan assembler
5.
The landscape scene manager untuk progressive LOD,
yang mana bisa dibuat secara otomatis dan manual
6.
Engine animasi yang men-support penuh untuk multiple
hardware
·
Processing
Processing adalah
bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source yang
digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing digunakan
untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan
berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak dan alat produksi profesional.
Processing mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman,
dan metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu. Processing merupakan suatu
projek yang dinisiasi oleh Ben fry dan casey reas. Berkembang dari ide-ide yang
dieksplorasi di Aesthetics and Computation Group (ACG) di Mit Media Lab. Projek
ini kini terus diperbaiki dan dikelola oleh sejumlah Tim Voluntir.
·
Game Maker
Game Maker adalah software yang bisa membantu anda menjadi pengembang game komputer tanpa menggunakan coding sedikitpun. Dapat digunakan untuk membuat 3 dimensi dan Multiplayer. Game Maker dapat menjadikan hak penuh dari software (game) yang anda buat termasuk dapat menjual game tersebut, bahkan bisa mendownload musik, efek suara, gambar, script, serta background.
·
Unity 3D
Unity 3D adalah sebuah game developing software. Dengan software ini, kita bisa membuat game 3D yang seru. Game developer ini sangat mudah digunakan, dengan GUI yang memudahkan kita untuk membuat derta mengedit script untuk menciptakan sebuah game 3D. Selain bisa untuk build game PC, Unity juga dapat digunakan untuk membangun game console seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360, juga Ipad, Iphone, dan Android. Namun masing-masing membutuhkan biaya lisensinya sendiri. Unity kurang lebih sama dengan Blender game engine, namun unity lebih ringan dan diintegrasi lebih dalam suasana grafik. Kelebihan Unity terdapat pada multiple platform, artinya banyak platform yang disupport oleh unity, seperti Windows, Mac, iPhone, iPad, Android, Nintendo Wii, dan juga browser. Untuk browser, kita memerlukan sebuah plug-in, yaitu Unity Web player, sama halnya dengan Flash Player pada browser. Pada unity, kita tidak bisa melakukan desain/modelling dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jadi jika kita ingin mendesain, dibutuhkan 3D editor lain seperti 3Dsmax atau Blender, kemudian kita export menjadi format .fbx.
Sumber : http://bingbengbeng.blogspot.co.id/2017/03/game.html#more
Tidak ada komentar:
Posting Komentar